Selasa, 06 Agustus 2013

PANDANGAN HIDUP UMAT YANG BERIMAN

PANDANGAN HIDUP UMAT YANG BERIMAN
(Oleh: BUDI SETIYONO)


“Agama mereka adalah perut mereka, Kiblat mereka adalah perempuan mereka, Tujuan mereka adalah dirham mereka”  Sebuah sabda  Nabi Muhammad SAW.

Perilaku manusia saat ini nampaknya identik dengan pernyataan nabi tersebut di atas, bagaimana cara berfikir dan berprilaku  serta pandangan hidup secara plural. Sebenarnya gaya hidup dan mentalitas yang demikian ini, menurut Al-Qur’an adalah gaya hidup orang kafir.  Karena tidak beriman pada kehidupan akhirat, mereka melakukan semua itu hanya untuk memperturutkan hawa nafsu .  disadari atau tidak pandangan hidup seperti itu sangat menyesatkan .
            Pengalaman hidup  manusia mengajarkan  bahwa iman yang tertanam dalam hati merupakan sumber kekuatan sebuah optimisme yang dasyat sehingga manusia pasti mempunyai pandangan hidup yang positif untuk mencapai sebuah cita-cita hidup dunia akherat. Mereka yang optimis akan selalu siap berjuang dan mengorbankan harta bahkan nyawanya,  sebaliknya orang pesimis tanpa pandangan hidup yang positif cenderung mudah berputus asa, pasrah mengikuti arah perjalanan nasib yang tanpa ujung.
Menjalani hidup tanpa masa depan dan harapan sama halnya menghantarkan sebuah harapan kosong tanpa arah dan penuh kehampaan selama hidupnya , karena dia akan berputar-putar sesuai siklus kehidupan rutinitas  saja, yaitu: mencari makan atau kerja, tidur, beranak, lalu mati setelah itu putus segala urusan. Ia selalu berfikir tentang isi perut, dan dorongan syahwat yang ada dibawah perutnya.
            Orang yang hidupnya seperti paparan tersebut di atas untuk memikirkan idealisme  perjuangan dalam kehidupan merupakan suatu hal yang sia sia.  Dia tidak akan pernah berfikir  sampai pada kehidupan yang akan datang.  Bila dia seorang mukmin pasti tidak akan memiliki cita cita dan harapan serendah itu dalam menapakkan kehidupan didunia. 
            Gaya hidup orang yang benar benar beriman (mukmin haqqon) sangat jauh berbeda dari gaya hidup orang orang kafir.  Mukmin itu adalah termonologi yang khusus dan sangat specific bila dinisbatkan pada sosok pribadi manusia yang utuh, dan menyeluruh menyerahkan hidup dan kehidupannya, jiwa dan raganya, wawasan dan fikirannya, niat dan amal perbuatannya hanya kepada dan untuk Allah SWT .  Semua harapan ibadahnya hanya untuk mencari dan mencapai keridhaan  Allah  (mardho-tillah) Aqidahnya murni dan dia selalu berdo’a untuk mencapai keselamatan hidup didunia dan diakherat  itulah pandangan hidup umat yang beriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah berkunjung, jangan lupa post kan komentar dengan kata-kata yang sopan yaaa?
Terimakasih~