Selasa, 06 Agustus 2013

CARA BERWUDHU YANG BENAR MENURUT RASULULLAH SAW

CARA BERWUDHU YANG BENAR MENURUT RASULULLAH SAW
(Oleh: Budi setiyono)

Bismillahirrahmanirrahim,” Hai orang orang yang beriman , apabila kamu hendak mengerjakan shalat, basuhlah ( cucilah mukamu, tanganmu sampai  ke siku    , usaplah kepalamu dan cucilah kakimu sampai kedua mata kaki. Dan jika kamu junub, maka bersucilah (mandilah) . dan jika kamu sakit atau bepergian  atau salah seorang diantara kamu datang dari jamban (buang air)  atau kamu sentuh wanita (setubuh) dan tidak kamu dapati air maka bertayammumlah kamu dengan debu yang bersih yakni usaplah mukamu dan tanganmu dengan debu itu”  “Allah tidak menginginkan kesempitan kepadamu, tetapi hendak mensucikan kamu dan menyempurnakan ni’mat Nya kepadamu, supaya kamu bersyukur.”( Q.S. Maidah:6 ).
Apabila kamu hendak berwudhu, maka bacalah: “Bismillahirrahmanirrahim”  1. dengan mengikhlaskan niatnya karena Allah, 2. dan basuhlah telapak tanganmu tiga kali, 3. gosoklah gigimu dengan kayu arok atau sesamanya, 4. kemudian berkumurlah dan isaplah air dari telapak tangan sebelah dan berkumurlah , kamu kerjakan yang demikian tiga kali,5. dan sempurnakanlah dalam berkumur dan menghisap air itu, apabilah kamu sedang tidak berpuasa, 6. kemudian basuhlah mukamu tiga kali, 7. dengan mengusap dua sudut matamu, 8. dan lebihkanlah membasuhnya, 9. dengan digosok, 10. dan selai selailah janggutmu, 11. kemudian basuhlah (cucilah ) kedua tanganmu beserta kedua sikumu dengan digosok tiga kali, 12. dan selai selailah jari jarimu, 13. dengan melebihkan membasuh kedua tanganmu mulai tangan kanan, 14. lalu usaplah ubun ubunmu dan atas surbanmu ,15. dengan menjalankan kedua telapak tangan, 16. dari ujung muka kepala sehingga tengkuk dan dikembalikan lagi pada permulaan,17. kemudian usaplah kedua telingamu sebelah luarnya dengan ibu jari dan sebelah dalamnya dengan kedua telunjuk, 18. lalu basuhlah kedua kakimu beserta kedua mata kaki, dengan digosok tiga kali, 19. dan selai selailah jari jari kakimu dengan melebihkan membasuh keduanya, 20. dan mulailah dari yang kanan ,21. dan sempurnakanlah membasuh  kedua kaki itu, 22. kemudian ucapkan.” Asyhadu allah-ila-ha illallah wahdahu- la—syari-kalah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa- rasuluh” 
Mengusap kedua Khuf (sepatu).  Dan usaplah kedua khuf atau sesamanya sebagai pengganti membasuh (mencuci) kedua kaki dalam wudhu 23. untuk tiga hari dalam perjalanan dan satu hari dalam waktu tidak bepergian, selama tidak emembuka keduanya, sedang waktu memakainya diwaktu suci (belum batal wudhunya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah berkunjung, jangan lupa post kan komentar dengan kata-kata yang sopan yaaa?
Terimakasih~